Beasiswa Al-Azhar Mesir tahun 2009

28 04 2009

Pengalaman mengikuti Konfrensi Pers Bersama Duta Besar Republik Arab Mesir Ahmed M. ElKewaisny Di Jakarta Selasa 28 April 2008 Pk 12.00 sd 13.20

Bismillahirrahmanirrahim.

Berdasarkan undangan Duta Besar, Alhamdulillah, saya dapat mengikuti konfrensi pers yang banyak ditunggu kalangan pelajar khususnya Pondok Pesantren di Indonesia. Berikut cuplikannya, semoga informasi dapat bermanfaat. Duta Besar Republik Arab Mesir Ahmed M. ElKewaisny memberikan keterangan pers berkenaan dengan penyaluran Beasiswa Al Azhar untuk pelajar di Indonesia sbb :

1. Hubungan Indonesia dan Mesir sudah lama, bukan saja karna bersejarahnya “Bandung” dengan Konfrensi Asia Afrika, namun lebih dari itu selama berdirinya Unv. Al Azhar, yang merupakan universitas tertua di dunia.

2. Kami berusaha membangun Islam yang baik, Islam yang moderat dan bukan Islam yang dimaksud oleh Barat; yakni Islam yang identik dengan teroris dan radikalisme. Usaha kami adalah membantu menyiapkan kader-kader Islam, juga membantu masyarakat Islam di Indonesia.

3. Terima kasih atas kerjasama Indonesia dengan Mesir; khususnya Departemen Agama RI, sehingga pada saat ini terdapat +- 9,000 pelajar Indonesia yang sedang menuntut Ilmu di Mesir.

 4. Pada tahun ini, Al-Azhar memberikan bantuan pengiriman dan penempatan 46 Guru terbaiknya untuk membantu lembaga-lembaga/Pondok Pesantren di Indonesia dalam memberikan pengajaran Bahasa Arab, Syariah dan perkembangan kebudayaan Islam.

5. Al-Azhar juga memberikan bantuan untuk pendidikan Imam dan Da’I Indonesia ke Mesir. Alhamdulillah hingga saat ini telah 76 Ustadz Indonesia dikirim ke Mesir untuk mengikuti pelatihan tersebut kurun waktu 1987 – 2007.

6. Pada seleksi pelajar Indonesia ke Al Azhar Mesir tahun lalu, Pelajar putri lebih baik dari pelajar putra.

7. Mesir memberikan beasiswa setiap tahun kepada pelajar di Indonesia, khususnya mereka yang berekonomi lemah dan memiliki kemampuan secara akademis.

8. Untuk Tahun 2009 ini, beasiswa dibagi dalam 2 bagian :

a. 120 Beasiswa dari Unv Al Azhar Mesir; (jumlah tidak pas dari yang diucapkan) 1. 90 untuk jurusan Agama jenjang S1. 2. 15 untuk tingkat SLTP/menengah. 3. 20 untuk tingkat S2 dan S3 b. 5 Beasiswa untuk jurusan umum di bawah kementrian pendidikan Mesir. Untuk jurusan Arsitektur, kedokteran dan farmasi.

9. Untuk melakukan pendaftaran, dilakukan sbb :

a. Langsung melalui kedutaan Mesir dengan mengajukan permohonan untuk belajar di Mesir dengan melampirkan CV (curriculum vitae) yang menerangkan identitas; nama, telp, hp serta menerangkan dimana ia sekolah dan apa yang ia pelajari.

b. Pelajar yang mengajukan beasiswa adalah dari lembaga/Pesantren yang telah mendapatkan pengakuan dari Al-Azhar.

c. Dikirim ke fax no.021.3145073 d. Pendaftaran dilakukan antara tgl 1 Mei sd 8 Mei 2009 e. Tgl 10 Mei 2009, Akan dihubungi atau diumumkan melalui surat kabar/TV untuk mengikuti Ujian Tulis dan Lisan di Kedutaan secara berkelompok daerah; Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Jakarta.

10. Materi yang akan diujikan adalah sbb : a. Hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz (harus lulus) b. Muamalat Fiqhiyyah c. Siroh Nabawiyah d. Al-Hadis e. Yang terpenting bisa bicara Bahasa Arab.

11. Bagi pelajar Indonesia yang tidak mengikuti seleksi beasiswa dari Al-Azhar di kedutaan Republik Arab Mesir di Jakarta (Istilah banyak yang dipakai “terjun bebas”) dan memiliki biaya sendiri untuk berangkat dan belajar di Mesir, Bapak Duta Besar mempersilahkan untuk berangkat dengan sendirinya. Namun pihak kedutaan Mesir masih memohon kerjasama Al-Azhar untuk menguji mereka disana, apakah mampu mengikuti pelajaran atau tidak. Bapak duta menjelaskan; “sehingga kami tidak ingin pelajar Indonesia menuntut Ilmu di Al-Azhar pada jenjang S1 selama bertahun-tahun bahkan ada yang sampai 10 tahun”.

12. Kami tetap berharap, mereka yang datang langsung ke Unv. Al-Azhar Cairo Mesir memiliki persyaratan yang baik; kemampuan bahasa Arab yang baik, kemampuan akademis dan juga memiliki dasar menghafal Al-Qur’an.

13. Pada Bagian lain; Duta juga berterima kasih kepada Departemen Agama yang telah/akan (dalam hal ini tidak jelas) mengadakan seleksi kepada mereka dan memberikan daftar calon yang telah dianggap lulus kepada kedutaan, beliau mengatakan sudah terdapat “400 nama di kedutaan”.

14. Pada saat konfrensi pers, ada peserta dari Pesantren Darunnajah menanyakan tentang apa resiko dari keberangkatan dengan “non beasiswa”, namun Bapak Duta tidak menjawab dengan tegas.

15. Pada bagian akhir; Beliau bercita-cita akan adanya website khusus yang menjalin silaturrahmi antar alumni Mesir. Juga bercita-cita akan adanya Universitas Al-Azhar di Indonesia yang memiliki kurikulum, pengajar dan kualitas sama dengan Al-Azhar yang ada di Cairo Mesir.

Wassalam

Drs. H. Sofwan Manaf, M.si

 

silahkan kunjungi : http://www.sofwanmanaf.wordpress.com Email : Sofwanm2001@yahoo.com http://www.darunnajah.com 0811.805905

About these ads

Actions

Information

132 responses

4 05 2009
zein

pengakuan dari al-azhar ? berarti tidak semua pelajar indonesia kalau seperti itu, saya mengaharapkan bebas siapa saja yang mempunyai kemampuan bisa mendapatkan, tlg jelaskan. terimakasih.

12 05 2009
sofwan

Dimaksud dengan pengakuan adalah “MUadalah”

28 04 2010
aziz

pak kabar terkini bagaimana kelanjutan dari pendaftaran yang tahun kemarin/ 2009 bagi yang lulus kapan keberangkatannya???mohon bantuannya

13 01 2011
emte

Assalamualaikum.
maaf ust, mohon info beasiswa S2 untuk tahun 2011

5 05 2009
agil

disini saya ingin menanyakan apakah yang dimaksud hafal 3 juz ,,,
apakah boleh yang di ujikan itu juz 1, juz 2, dan juz ke 30…?????

12 05 2009
sofwan

Sepengetahuan saya boleh saja.
Namun dari hari pertama yang ujian berjumlah 274 orang, kebanyakan mengeluh, karna mereka juga ditanya tentang Balaghoh.

13 10 2009
Aisyah

ass.pa apa bisa masuk al azhar tapi tidak punya izasah dari sekolah atau pesantren yang di akui?tapi bisa melewati tes,,apa bisa?tapi lulusan aliyah,,gimana pa?mohon jawabannya.syukron.

5 05 2009
agil

di mana saya bisa ikut tes untuk melihat kemepuan saya untuk ikut daftar masuk ke Universitas al azhar cairo Mesir,,,??????

12 05 2009
sofwan

Ya, ke kedutaan saja…

6 05 2009
Apun Hasbullah

Saya ingin menanyakan, apakah peserta yang lulus tes nantinya dapat fasilitas seperti asrama, buku dll pada saat mereka studi di Mesir ? Terimakasih

12 05 2009
sofwan

Sefaham saya, Yang lulus ujian mendapat fasilitas asrama ” buuts”

13 05 2009
Sopan Sopari

asss.
maaf pak,mo nanya kemari saya udah ngirim via fax hari kamis tanggal 7 mei,,,, saya tunggu2 ga ada pemberitahuan…mhon solusinya…syukron

13 05 2009
sofwan

Sejak Hari Senin, banyak pelajar Indonesia yang sudah datang ke Kedutaan Mesir, di hari pertama menurut kedutaan; 274 pelajar mengikuti tes. Kenyataannya, yang datang ke kedutaan, merekalah yang dites…. walaupun harus mengantri.
Maka saran saya, datanglah ke Kedutaan sebelum hari jumat ini; 15 Mei 2009
syukron

14 05 2009
arifanna

maaf ada solusi lain nggak selain datang ke kedutaan?
apakah terlambat jika datang melebihi tanggal 15 mei?
syukron jiddan

15 05 2009
Sofwan

Afwan, saya tidak menguasai hal itu,
akan lebih baik, antum hub kantor kedutaan via telp.
syukron

15 05 2009
yogi

maaf saya mau tanya, dalam mendapatkan beasiswa akan tes apa saja? terima kasih saya tunggu blzannya

15 05 2009
Sofwan

Silahkan baca baik-baik tulisan saya,
untuk tahun ini, banyak juga peserta yang ditanya “Balaghoh”

15 05 2009
yogi

Dan tolong doakan jg saya mudah-mudahan lulus sekaolah nanti saya dapat bergabung dan belajar disana

29 05 2009
sofwan

Amieeeen

17 05 2009
Majid

Assalamualaikum,
Apakah jika terjun langsung ke Mesir masih dites lagi? kira2 jika saya sebagai alumni pesantren Mu’adalah dengan modal Bahasa Arab dan Agama dan sedikit Al-Qur’an dapat kuliah di Mesir dengan jalur terjun bebas? mohon jawabannya.

29 05 2009
sofwan

Rencana pengumuman 6 juni 2009, ini versi kedutaan Mesir, semoga menjadi khabar baik.
Untuk terjun bebas, saya belum dapat “kepastian prosedure” dari kedutaan, namun jika berpatokan tahun lalu… bisa saja.
Saran saya, tetap berkomunikasi ke kedutaan Mesir di Jakarta dan KBRI di Cairo untuk kepastian hal tersebut.

20 05 2009
ainun istiharoh

assalamualaikum,
saya ingin menanyakan apakah beasiswa di mesir hanya untuk siswa yang lulusan dari ma/mas atau madrasah aliyah sj?apakah jika dari SMA tidak ada ketentuan atau tidak berlaku? tolong infonya ya pak!

29 05 2009
sofwan

Sefaham saya, semua MA dan Lembaga yang dapat MUADALAH, adalah mereka yang dapat meneruskan di Azhar.
SMA belum ada muadalah…
Kepastiannya, silahkan hub KBRI di Cairo.

25 05 2009
sheila

kapan pengumumannya hasilnya? katanya 10 hari lagi sekarang sudah tanggal 25 mei 2009? kita tahu dari mana?

29 05 2009
sofwan

2 hari yang lalu, saya dapat konfirmasi dari kedutaan Mesir di Jakarta, bahwa pengumuman akan ditempel di kedutaan ; 6 juni 2009.
Jika sudah ada, saya akan bantu untuk juga memudahkan teman-teaman lainnya.

25 05 2009
yunanto

pak hafalan quran 3 juz bebas atau dari awal?

29 05 2009
sofwan

Antum bisa hub syech sya’ban, salah satu guru Azhar yang sedang tugas di Pesantren Darunnajah; 085693135280

27 05 2009
kiki

pak…. dah 4 tahun saya lulus SMA, kalau ingin ke Mesir lewat tes di depag .. katanya maksimal lulusan 2 tahun yang lalu.. nah saya ingin dapet beasiswa dari pmerintah dngn jalur tes, tapi usia saya mungkin terlalu tua pak untuk ikut tes di depag.. bagaiman solusi terbaik pak??
ntar kalau kuliah disana gratiss tiss tiss apa masih perlu membayar pak????
kehidupan perempuan di mesir bagaiman pak?? katanya kalo kuliah di arab saudi harus pake mahrom.. gimana dengn mesir????
makasih toek jawabannya ke email saya….

28 05 2009
Arifah

Assalamualaikum…

pada point 9B, disebutkan :
“Pelajar yang mengajukan beasiswa adalah dari lembaga/Pesantren yang telah mendapatkan pengakuan dari Al-Azhar”

bagaimana kita bisa tahu lembaga2 mana saja yg sudah mendapat pengakuan dari Al-Azhar Mesir? bagaimana dengan MAN 1 SURAKARTA Program Khusus Keagamaan? atau untuk daerah Jawa Tengah dmana saja

mohon info jg bagaimana untuk beasiswa ke Univ Madinah?

Syukron

29 05 2009
sofwan

daftarnya ada di KBRI Cairo,
antum bisa hub mereka melalui websitenya.

3 06 2009
luthvia moonda

apakah ada tes beasiswa untuk tahap ke dua? karena saya terlambat mendaftar untuk tes ujian beasiswa. karena saya sangat membutuhkan beasiswa itu

6 06 2009
adri imaduddin

assalamualaikum wr wb….
akhi saya mohon kabar jika ada tes beasiswa untuk timur tengah dan malaysia….
jika ada mohon kirim ke email saya atau no hp saya 02197535362
syukron jazakallah khaira…

6 06 2009
iffah tsunaya

assalamu’alaikum wr wb…
akhi,saya minta tolong apabila ada tes beasiswa periode 2 mohon hubungi keemail saya atau no hp 087829519006

6 06 2009
widia

aslmkm.. pak kapan pengumuman kelulusannya??
ktanya hari ini???
teman-teman banyak yang ga sabaran ,, hehehe

6 06 2009
no!no!

ass,,
pengumuman jdi hri ini pk?
kok blum ada?
kalo blum,kpan?
kita dkabarinya bgmn?
syukron,,
wass.

7 06 2009
Sofwan

Waalaikumsalam,
Namanya juga menunggu janji…,
tanggal itu memang saya dapatkan dari pihak kedutaan.
Saya pun berstatus sama dengan antum “menunggu”….
semoga senin esok menjadi hari yang baik untuk didengar….
syukron

7 06 2009
aldi

bagaimana kalau test nya ketinggalan

8 06 2009
hamzah

saya hari ini menghubungi kedutaan mesir via telepon , tapi lagi-lagi jawaban tidak pasti, akh sofwan ana mo tanya apakah setiap peserta yang lulus akan di telepon atau kita harus melihat langsung ke kedutaan ?

9 06 2009
Sofwan

Pengumuman hasil tes ke Azhar, masih juga ditunda oleh kedutaan Mesir di Jakarta… awalnya 10hari setelah tes 26 Mei 2009, mundur jadi 6 juni 2009, dan saat ini juga masih menunggu…. berharap berita yang baik….. Isbir….

9 06 2009
anggi

Assalamualaikum ust…
kemarin saya menghubungi kedutaan mesir, perihal tentang beasiswa akan di umumkan lalu bagaimana dengan yang non beasiswa atau setelah mengikuti ujian tidak lulus beasiswa, apakah masih bisa berangkat sesuai nilai yang di dapatkan?
syukron..

9 06 2009
anggi

Assalamualaikum ust…
kemarin saya menghubungi kedutaan mesir, perihal tentang beasiswa akan di umumkan lalu bagaimana dengan yang non beasiswa atau setelah mengikuti ujian tidak lulus beasiswa, apakah masih bisa berangkat sesuai nilai yang di dapatkan?
syukron..

10 06 2009
hamzah

jazakumullahu khairan ya ustadz ‘ala ijabatikum wallahu yubarik lakum wa liahlikum

13 06 2009
Mahmud

Aslmlkm Wr. Wb. Maaf Pak, boleh saya tahu alamat situs KBRI yg brdomisili di Cairo?

14 06 2009
Sofwan

bisa browsing saja di google…

14 06 2009
latif

ass. ust. af11 sebelumya mengganggu kegiatan antum.
ana latif ingin memastikan informasi yang latif baca di internet bahwa jika kita ingin melanjutkan kuliah di al-azhar university cairo kita bisa langsung datang ke mesir atau yang sering dikenal dengan “terjun bebas” dan pengetesanya di mesair tampa harus mengikuti persyaratan-persyaratan yang ada diindonesia.

kalau betul bisa, bagaimana caranya ust???. mohon iformasinya ust
syukron. wassalam

15 06 2009
UY

Af1 mau ikut nimbrung…
Untuk pertanyaan yang terakhir, mo nyumbang sedikit jawaban.
Mulai tahun 2006, untuk masuk Al-Azhar baik yg mendapatkan beasiswa atau tidak (terjun bebas) tetap harus mengikuti tes baik di DEPAG maupun di kedutaan Mesir di Indonesia. JANGAN SAMPAI ANDA DATANG KE MASIR TANPA TES BAIK KARENA KEINGINAN SENDIRI ATAUPUN AJAKAN DARI PIHAK LAIN, SIAPAPUN!!! Karena disana anda akan kesulitan, baik untuk daftar kuliah, maupun urusan lainnya, apalagi mengharapkan kuliah dan mendapat beasiswa. Kalaupun bisa, perlu tahapan bisa sampai lebih dari setahun. Kebanyakan kasus harus mengulang lagi sekolah di dirasah khoshoh atau masuk ma’had (setingkat SMP n SMA). Dan untuk mendapatkan beasiswa (bagi yang terjun bebas) harus lulus di tingkat pertama perkuliahan.
Tulisan ini bukan untuk menakut2i, tapi jangan sampai menambah jumlah pihak yang terlantar disini. Sekali lagi, jangan percaya iming2an siapapun yang mengajak ke mesir untuk kuliah tanpa tes di dua lembaga resmi di atas.
Salam dari alumni yg masih berdomisili di Kairo…

16 06 2009
Sofwan

Saya sangat setuju…
di tahun 2009, memang pendaftaran hanya ke Kedutaan Mesir, saya kurang faham juga, maksud dan tujuan pengunduran waktu pengumuman dari waktu yang telah “disampaikan duta saat konfrensi pers”. syukron

16 06 2009
faisal reza

assalamualikm,,,,
ikutan tanya mas ?
batasan kuliah di al ahar itu berapa ya,,?
klo masih umur 21 bisa gak ya>

20 06 2009
ima

assalamu’alaikum…
saya mau bertanya ttg pemberangkatan peserta beasiswa
dan apakah ada jg peserta yg diluluskan kedubes mesir selain dari yg mendapatkan beasiswa (nonbeasiswa)?

20 06 2009
Dini

Assalamualaikum.
Afwan ana lu2san Madrasah aliyah swasta.
mang yg bsa ikut test beasiswa cuma dr madrasah aliyah negri/madrasah aliyah swasta yg dpt predikat mu’adalah saja y?
Gmana dngan ana pak?
Ana pun tdk tau apakah madrasah aliyah tmpt ana mnuntut ilmu sudh dpt mu’adalah dr mesir ap blum.pdahal niat ana dah sngat bsar bwt kul d azhar

22 06 2009
Sofwan

Sejauh ini, semua MAN mendapat muadalah

21 06 2009
asep saepullah

asskum ust. sekarang saya klas 3x di sebuah ponpes, mo nanya kalo misalkan gak hafal qur’an sesuai yang di tetapkan panitia test gimana, apa masih bisa menerima besiswa jika kemampuan bahasa dan yang lainnya mampu. saya harap ust berkenan menjawab. wassalamualaikum

22 06 2009
Sofwan

lebih baik belajar dan usahakan 3 juz

23 06 2009
el.abiz

ass.kum ustd kalau boleh tahu kapan hasil pengumuman hasil tes seleksi beasiswa alazhar yang dilaksanakan di kedubes kemarin?dan bagaimana kabar terbaru sekarang? apakah sudah ada pengumumannya? af1ust…….

25 06 2009
Sofwan

PENGUMUMAN baru dilaksanakan hari ini, silahkan melihat di kedutaan Mesir di Jakarta…. Selamat….

1 08 2009
Choirul anam

O..y sekalian kalok2 usdz pya webset dubes mesir,,khusus yg nenganani hal ini?

22 06 2009
mas_abdurrahman

Assalamu’alaikum.
Ustadz, apakah sampai hari ini belum ada pengumuman dari kedubes?
Jazakallah khoir..

23 06 2009
A'yun

Assalamu’alaykum. saya mau nanya, syrt kul di mesir hrs dr MA ya? klo dr SMA blh g ya?saya mau nanya lagi, kmrn liat pengumuman ada beasiswa mesir jrsan kedokteran. arsitektur, dan farmasi. kira2 brp yg diambil? apa hrs dr MA y? trus mksd da ujian muadal itu apa? apa dr SMA g ada?

25 06 2009
hamzah

Assalamualaikum ustadz al hamdulllah hasil telah keluar, ana lulus tuk melanjutkan s2 mohon doa dari ustadz agar dimudahkan thalabul ilmi sampai selesai dan sekaligus minta info dari ustadz tentang kuliah s 2 ini bagaimana sih pengalaman ustaz ketika di sana ? syukran atas infonya

27 06 2009
azam

assalamualaikum ust. bisa ga’ sekiranya hasil pengumuman itu di publikasikan sama antum, katanya ust. sugianto sudah ke kedubes

27 06 2009
el-abiz

afwan ya ustd.gimana kalau pengumuman yang sudah lulus antum publik?karena kami ada di luar jakarta ust….dan tepatnya di jawa timur.mohon responnya????jazakallah…..

27 06 2009
el-abiz

ust ana mohon dengan sangat……..dan semoga ustd….memaklumi kondisi kami saat ini?

27 06 2009
dini

ust, apakah gak bisa lihat di internet ust? soalnya saya tinggal di SumBar ust..

28 06 2009
rachma

salam,ustad….saya mo tanya pengumuman hasil seleksi kemarin kapan ya?moho infonya ya…….syukran

4 07 2009
Ika

Ana kemarin dah telp ke kedubes katax dah d tempel d kedubes dan memang dah d tempel jd yg lom liat silakan liat. Pengumumanx pakek tulisan tangan.

7 07 2009
kasih

assalamualaikum..
pak uztad, saya mau tanya apa saya bisa ikut ke mesir bersama anak2 yang sudah lulus tes di azhar ?? atau uztad punya sedikit masukan, karena saya mau sekali ke mesir, kalau bisa kuliah disana, tapi saya tidak punya basic seperti pondok pesantren, bagaimana uztad. afwan yaa…
wass

16 07 2009
Sofwan

Ada tes tgl 22 juli 2009 di Dep. Agama.. mohon hub bagian Kerjasama Luar Negeri… Saat ini saya sedang berada di Jamiah Ummul Qura Mekkah SA… salam

13 07 2009
Agustian Taufiq Asyhari

Assalamu’alaykum wr wb,

Pak, apakah biasanya pendaftaran tersebut tiap taun berkisar antara Bulan Mei? Mungkin informasi ini akan berguna bagi kerabat saya tahun depan..

Bapak ada alamat web kedutaan Mesir terutama yang ada bagian tentang beasiswa ini?

Syukron sebelumnya.. Jazakallah khairan..

Wassalamu’alaykum

28 07 2009
Dewi Rosidah

assalamualaikum
pak saya mau tanya apakah tes itu bisa dilakukan di daerah jawa timur karena saya berdomisili di banyuwangi, jawa timur. Tapi sekarang saya masih kelas 12 sma nu.

1 08 2009
Choirul anam

Ass,
afwn ustdz ana minta tlng kalok udh ad info yg thn 2010,ke al azhar y,p sma dngn thn ni tdk?

1 08 2009
aisya

assalamualaikum
afwan ustad klo ganggu.ana mau nanya kapan pengumuman hasil tes tahun ne ya,karena saya udah ngikuti tes tapi blom tau kpn pengumuman?
sudih lah kiranya ustad membalas

1 08 2009
Choirul anam

Ass,,
maf sblmy ustadz,,,ana mint tlng bngt,,tlng kalok ad info yg thn dpn jeh,,maf ana jg msh pmemula bngt,,,jd ana mnt bi2mbngn ustdz.

2 08 2009
Fauzan

Afwan Ust.sy mw tny cra daftar s1 ummul quro dan apa aj syarat nya

5 08 2009
dea meika

assalamu’alaykum..
‘afwan ustad, ana mau tanya, website KEDUBES MESIR apa ya.?
atau website KBRI yang menginformasikan tentang study ke al-azhar.
dan gimana dengan ana yang hanya tamat dari SMA, apakah bisa ke al azhar, dan di al azhar ada fakultas/jurusan umumnya.?
mohon segera jawaban ustad, mksh ya ustad. .
wassalamu’alaykum . .

6 08 2009
anam

ass
ustad afwan ana minta tolong kalok ada alamat websitnya KBRI..

9 08 2009
choirul anam

pak ustadz kalau berkenan komen ana di balas ya,,syukron kstir,,

9 08 2009
choirul anam

ustadz kalau-kalau ustadz ada waktu tolong komen ana di balas jeh,,,syukron zajila,,

9 08 2009
Sofwan

Silahkan hub. Ust. Mahmud, alumni Darunnajah yang sedang belajar di Al Azhar Cairo, Insya Allah dia sering berkunjung ke KBRI Cairo.
Email : mahmud_tl@yahoo.com

9 08 2009
Sofwan

Afwan, saya sedang Dauroh di Unv. Umm Qura Mekkah hingga Ramadhan, sehingga tidak bisa ON LINE setiap hari…

11 08 2009
Khoirotun Ni'mah

Ust… alhamdulillah kami kemarin mendengar bahwa kami lulus dan kami ingin menanyakan kabar pastinya tentang keberangkatanya kapan dan bagaimana prosesnya ?apakah ada briefing atau bagaimana tolang beri kami informasi tentang hal itu… terimakasih

11 08 2009
Khoirotun Ni'mah

ust …

11 08 2009
Khoirotun Ni'mah

ust

26 02 2010
M.Z.Dahlan

Ass……..’Afwan dah ganggu Aktivitas Ustadz aina ma kunta fi wujudihi,mau nanya ustadz…..kalo wat beasiswa tahun depan gimana n pengen ikut tesnya tahun ini,boleh ga? supaya ana bisa tau banyak wat tahun depannya……..

13 08 2009
choirul anam

assalamu’alaikun…

afwan ustadz..ana menta tolong lampiran persyaratan pendaftaranya yang tahun 2009 ke al azhar di cariin ko gak ada,mungkin ustadz bisa bantu tempatnya ada di mana?

2 09 2009
siti nurafifah

assalamualaikum ?
pa,mw tanya klo lulusan sma bisa ikutan beasiswa al azhar kairo g ?
klo bza,cranya gmna?
truz klo g bza caranya gmna biar bisa?
makasih .

10 09 2009
sinta saswati

assalamualaikum…tadz…
ana shinta,,ana mo tanya tentang beasiswa di mesir…
klw cara pendaftan atau syaratnya apa????
mohon di konfirmasinya ya..di nomer ana (081911150345)
syukron aza wajala…

23 09 2009
fawzan..

Assalammu’alaikum…

afwan ustadz…sya mau nanya mengenai tazkiyah (rekomendasi)..

untuk yg mau sekolah ke timur tengah itu harus dapat tazkiyah dlu atau tidak ustadz…???

kalau iya…apa saja ketentuan teknis untuk bisa mendapatkan tazkiyah tersebut….???

mohon penjelasannya ustadz….

jazakallah….

15 10 2009
fauzan hidayat

saya adalah seorang calon alumni pesantren ar-raudhatul hasanah.saya butainformasi tentang apa-apa saja yang di ujikan untuk ujian masuk alazhar university, tlg jelaskan, syukron.

23 10 2009
aisyah

ass.pa apakh anda skarng ini tinggal di indonesia?saya ingin bertanya2 tentang sekolah di al azhar,,jika ust. berkenan saya ingin minta no yang bisa di hubungi,waktu itu saya baca2,yust. pernah memberi nomor tlp syeh Sya’ban,tapi tidak aktif,mohon jawaban nya.syukron kasiron.wss.

23 10 2009
aisyah

ass.ustd nama saya aisyah.saya masih sklh kls 2 MA.apkh skrg ini ustd ada di indo?saya ingin nanya2 tentang sekolah di al azhar,,jika ust berkenan saya ingin minta no yang bisa di hubungi.saya pernah baca2,ust pernah ngasih no Syeh Sya’ban,tapi tidak aktif.saya punya ka2 yang sudah lu2s MA 2 thn lalu,,dia ingin sekolah di al azhar lewat beasiswa,katanya ongkos nya harus dari sendiri dulu,sesampainya di sana akan di ganti,apakah itu benar?mohon jawabannya.syukron kasiron.wasslmualaikum.bls ke email saya.

30 10 2009
M Maulal Karim

assalamualaikum
rencananya thn depan saya akan mengikuti tes tsb, trus an cuma mau tanya tentang hafalan quran, apakah yg tertera itu wajib 3 juz.?

2 11 2009
hidayatullah filman

Aslm..
Saya basicnya dari kedokteran, apa bisa dapat beasiswa S2 juga,,? mohon infonya

13 11 2009
herdian

asw, ustazd ana herdian pelajar man-makn kotobaru padangpanjang. ana mau tahu informasi ttg beasiswa cabang arsitektur di Al Azhar.

11 12 2009
fadly

mlikum, ust dari pengumuman diatas ada beasiswa untuk program doktoral (s2/s3) bagaimana kelengkapan info diatas ? dan apa saja persyaratannya?

13 01 2011
emte

untuk 2011 ada beasiswa S2 g? minta infonya yah

26 12 2009
zahra

ass pak apa ada syaratyang harus dipenuhi untuk kuliah di al -azhar

6 01 2010
Abu Yaasiin

Assalamu’alaikum warokhmatuLLOHi wabarokatuh,

Pak, ana sedang cari info untuk Bea Siswa yang belajar di Timur Tengah utamanya Mesir dan Arab Saudi, bisa berika info ttg hal ini, kemana ana harus menghubungi ?

Syukron Jazilan.

Wassalamu’alaikum warokhmatuLLOHi wabarokatuh.

Abu Yaasiin Yusuf.

7 01 2010
lala

aslm.pak,klo mau cb tes beasiswa atau nonbeasiswa mesir blh ga lulusan dr sma negeri?

7 01 2010
lala

aslm.pak klo mau ikut tes ke mesir blh ga kukusan dr sma ngeri bkn dr madrasah aliyah?

14 01 2010
nazri

ass
ust qola ustadzy lau sanusajjil ila LIPIA summa aina sowab?

15 01 2010
hamdani

ass..pa saya pingin daftar ke al azhar dengan beasiswa tolong bisakah di beri tahu tentang lokasinya .dan saya bisa berhubungan dengan siapa untk hal itu

27 01 2010
Suci qurrotu aini

ustadz,,,klo boleh tw pa persyaratan lulusan smp sama dengn persyaratan diatas??

9 02 2010
Riyan juliyawan

aslkm.lembaga yang mengurusi Ma’had alazhar dimana ustdz?sykrn

19 02 2010
zaskyamanda

askum.,,,,apa bolh bebas ta klo ksna tp mash ikut rombangan bersama kedutaan ta????

23 02 2010
zia

eh di al azhar ada ngak S2 Komputer

23 02 2010
henry

assalamuaikum ustaz,ana pnya kmmpuan b.arab sdkt2 tp ana tamat smu thn 2003.ana butuh semacam registrasi agar nntinya bsa mengjukn proposal untuk biaya kbrangkatan.
gmn ya ustaz mndaptkan registrasi tsbt????
mhon bantuan ustaz,syukron. wassalam.

21 03 2010
dewi

Assalamu’alaikum ustadz saya mau bertanya,
Saya seorang dokter umum yang baru lulus, pernah pesantren tapi hanya saat smp. saya ingin sekali memperdalami ilmu agama khususnya ilmu tafsir dan hadist namun basic ilmu agama saya masih sedikit. Yang ingin saya tanyakan:
1. Bisakah saya mendapatkan kesempatan belajar di cairo dan mendapatkan beasiswa??
2. masih bisakah saya mengaplikasikan ilmu kedokteran saya di sana/bekerja sebagai dokter??
Atas jawabannya sangat saya harapkan. Syukron Jazakumullah khoir.

26 03 2010
annisa solihat

aslm…..pak klu mo ikut tes k al-azhar yg beasiswa thn 2010 d.mana y

27 03 2010
Nazwa

tolong info beasiswa untuk tahun 2010 …
jazakallah…

29 04 2010
zahri

assalamualaikum……
ana siswa kelas 3 MAN yang ingin kuliah di al azhar cairo
ada yang mau ngasih informasi gak
kalau ada ini nomor hp ana :085277865383

6 05 2010
obie

assalamualaikum…
maaf ustadz saya mau tanya kapan pembukaan pendaftaran test beasiswa ke mesir dan kapan pelaksanaan ujianx ustadZ….????!!!
sebelum dan sesudahx terima kasih banyak atas jawabanx..
wassalamualaikum…

14 05 2010
afif subki

askum…tadz keifa halk??
ana mo mnanyakn,klo ijazah saya sdh 3 tahun,apa masih bisa ikut beasiswa ke mesir,dan apakh peluang trbuka lebar bagi yg hafal qur’an 30Juz??
mohon jawaban’a ustad…

6 06 2010
ganjar muharom

assalamu’alaykum…

10 06 2010
rara

assalamualaikum….ustad,,,saya mohon info untuk jalur dirasah khosoh yang ada di al azhar mesir,,untuk tahun 2010 ini bagaimana prosesnya ??? apakh harus lewat rekomendasi depag ato bagaimana???mohon infonya ustad…terimakasih..

14 06 2010
habib sholeh

sukron katsiron….and qoludngu lana alazhar yubayyillana kaifa astatingu an dzhaba hunaka hm hm hm hm saya masih belum bisaa bahasa aab ini masih kelas satu man 1 tulungagung masih bingung milih jurusan ……………..saya ingin ke sana tapi saya juga ingin masuk di ipi trus gimana menurut bapak baik nya……….”fangzdur ma taro”

30 06 2010
ramlan setiawan

as. maaf saya mau tanya kalo persyaratan masuh universitas al azhar apa saja???????

3 07 2010
izzat

assalamualaiku. Pak ana mau tanya, tentang permasalahan yang dapat beasiswa itu. apakah untuk mahasiswa keperawatan itu bisa daftar? karena ana baca hanya ada kedokteran sama farmasi saja. mohon penjelasannya?

31 07 2010
askaruddin

klu ada_____________informasi terbaru tntang tes tolng di bri tahu ia Ust__________

28 08 2010
ardi sella

saya lulusan smk tapi saya jg sambil mesantren pakah saya bisa ikut test.sukron

15 09 2010
Lisna

assalamualaikum
pak persyaratan kuliah di cairo apa saja??

12 10 2010
abdulloh misbahushshudur

assalamualaikum wr wb

pak mau nanya nih .. klo beasiswa buat taun 2011 nya ada ga pak??

terimakasih
wasalam

20 10 2010
maria ulfa

asalamualaikum bapa ni saya santri darul muttaqien saya ingin sekali dapat beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ke cairo.gimana ya caranya?bpa bisa bntu saya ga?sekian dan terima kasih wasalamualaikum

27 10 2010
maria ulfa dm

aslamualaikum ustzzzzzz afwan ana uridu saasal.hal saastati aduhulu ila cairo bi tahfizul quran salas zuz?limadza?

27 04 2011
SYARIF

ass…
pak gmna persyaratan masuk ke al azhar, lewat beasiswa..?

29 04 2011
Nasih

salam…
pertanyaan saya sama dengan teman-teman diatas pak.
untuk tahun ini apa itu sudah dibuka pendaftaran?
syukron

26 06 2011
vina

Ma’af, saya mau numpang tanya apakah bisa mencari data mengenai pelajar di Al-azhar mesir lulusan thn 2001 yg bernama Jamil Robia’ warga negara mesir. jika ada yg punya info, tolong info nya……syukron

28 06 2011
ahmad dzulfikar fauzi

assalamualaikum……………..afwan ustad, ana adalah hamba yang termasuk dalm kategori kepingin sekali belajar di al azhar kairo dan haus akan ilmu di sana !!! saya awalnya sangat antusias sekali dengan adanya beasiswa ini, tapi katanya mulai tahun ini tiket pesawat yang mencapai 26 juta itu, harus ditanggung oleh calon mahasiswa meskipun misalnya dia sudah dapat beasiswa, ” Mesir memberikan beasiswa setiap tahun kepada pelajar di Indonesia, khususnya mereka yang berekonomi lemah dan memiliki kemampuan secara akademis.”, bagaimana ini ustad??? apakah hanya mereka2 yang punya uang saja yang berangkat ke mesir, sekalipun kuantitas keilmuannya lebih tinggi di bandingkan mereka yang kurang mampu dalam hal ekonomi ??? dengan hormat , kami meminta maaf bila kata-kata kami kurang sopan, assalamualaikum…..hamba allah

23 11 2012
Nurohmah NY

assalamualaikum….
ustadz saya sekarang masih kelas 4 TMI di albasyariyah bandung (muadalah), alhamdulillah, semua pelajarannya dipelajari disana, berarti saya harus serius belajar apalagi dalam bahasa arab, mumpng masih muda, cuma saya sekarang sedang berusaha ngapalin qur’an, dan temen2 saya seangkatan juga banyak yng bercita2 sekolah di mesir…..ustadz do’ain saya dan teman2 yaa semoga bisa sekolah dan menuntut ilmu disana….amiieh
sukron yaa ustadz…

23 11 2012
Nurohmah NY

amiien yaa allah yaa rabbal alamin….

11 10 2013
Adzkiya Ulyatun Naafi'ah

assalamu’alaikum ustadz,,afwan sa-as-al..
ustadz,waktu kunjungan Syekh Sya’ban (utusan dari Azhar untuk Indonesia) kemarin ke Darunnajah 2,beliau sempat menyinggung tntang syarat untuk belajar di Azhar..tapi untuk yang hifzhul qur’annya tidak dijelaskan secara lebih..
afwan tad,untuk syarat Hifzhul Qur’an itu,3 juz nya bagaimana ??
ber urutan atau acak ?
syukron jaziilan..
wassalam

28 03 2014
Nur Asyiah Siregar

assalmualikum ustazd ! afwan ! mo tanya : tuk beasiswa fak kedokteran Universitas Al Azhar ada kemungkinan di tahun depan ustadz? mohon informasinya ya ustazd? jazaakumullaah khoiru al jazaa.

10 08 2014
najwa

Assalamu’alaikum ustazd sy mau tny untk th 2014-2015 da ngak beasiswa untk siswa SD, krn sy membutuhkan biaya untk putri sy yg skrg duduk d bangku kls 5 SD, sklh muslim swasta krn gaji suami sbg pns tdk cukup untuk membiayai ke2 putri sy dan bgmn caranya untk mendpkan beasiswanya? mohon informasinya ya ustazd…..? syukron jazaakamullaah khoiru al jazaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: