“ini Bapakmu nak…”

6 02 2008

 Ucapan “Bapakmu….” Sering kita dengar, konotasi ucapan itu kurang enak didengar… dalam bahasa Indonesia, ucapan itu berarti penekanan kepada lawan bicara bahwa sang pengucap tidak setuju dengan apa yang digagasnya… namun jika ditambah dengan “ini Bapakmu ..”memiliki arti ucapan yang mengenaskan… biasanya itu diucapkan oleh seorang ayah… 

Kemarin sore, saat berleha-leha dengan anak-anak, saya coba-coba cari channel TV yang baik, enak dilihat, baik didengar. Eh..ketemu sinetron kisah tentang kehidupan masyarakat…, dalam episode itu dikisahkan bahwa Cen sang anak meminta persetujuan Orang Tua untuk menikah. Namun saying, sang ayah tidak setuju. Yang terjadi perdebatan, hingga sang anak ‘Cen’ bekata “ya sudah, kalau bapak tidak setuju, saya akan nikah dan keluar dari rumah ini…titik” Sang ayah menjawab “ ini Bapakmu nak.. namun Cen tetap keluar rumah dengan sekeras-kerasnya menutup pintu di hadapan sang Ayah.

 

Pernak-pernik itu sering kita temukan di tengah masyarakat, banyak anak-anak tidak memahami agama… Padahal dalam nasehat ulama sering kita dengan أنت و مالك لأبيك Artinya, apa yang ada di kamu, apa yang engkau punya adalah milik orang tua… Juga selain itu, Ulama mengatakan bahwa kewajiban orang tua ada 3: Memberi nama yang baik, memberi pendidikan yang terbaik dan menikahkan (wanita/pria).

 Semoga kita dapat memfilter nasehat-nasehat sutradara yang tidak faham budaya dan agama…. amin


Actions

Information

One response

2 03 2008
Alamin Rayyiis

Betul pak setuju……….!
Malah kata2 bapak bagiku adalah kata2 mutiara, 2 suku kata namun sarat makna, di keluarga kami kata2 itu juga sering kami lantunkan untukmemanggil ayahanda kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: