Istilah حفلة الأختتام و حفلة التخريج

15 05 2009

sejauh yang saya ketahui adalah berkenaan dengan penutupan suatu acara. Dalam bahasa Indonesia bersinonim dengan Upacara/ Pesta Penutupan dan berantonim dengan  حفلة الافتتاح (Upacara/ Pesta Pembukaan), seperti yang tampak dalam artikel dalam link di bawah:

  http://www.djelfa.info/vb/showthread.php?t=54511

Jadi, kedua kata tersebut biasa digunakan untuk acara yang berlangsung dalam waktu singkat. Dalam acara Khutbatul `Arsy, misalnya, dapat digunakan.
 
حفلة افتتاح أسبوع التعارف
حفلة اختتام أسبوع التعارف
 
Sedangkan jika yang dimaksud adalah wisuda yang dalam bahasa Inggris biasa disebut graduation atau convocation, padanannya dalam bahasa Arab adalah  حفلة التخرج atau حفلة التخريج . Kedua istilah ini dapat ditemukan dengan mudah melalui Google, di antaranya dalam link berikut:

 

http://www.panet.co.il/online/articles/86/87/S-130945,86,87.html

 

 
Kata الدفعة merupakan terjemahan dari “angkatan”, karena setiap haflah di DN selalu kata-kata angkatan itu digunakan. Contoh penggunakan kata الدفعة dan  حفلة التخرج dapat dilihat dari link berikut:
 
 
Jadi, kalau pun saya pernah mengatakan ini dan itu, semata-mata hanya menyampaikan apa yang lazim digunakan oleh orang Arab sendiri, dalam konteksnya yang tepat. Jadi, saya sangat setuju dengan Ust Sofwan Manaf untuk tidak membiasakan merujuk kepada pendapat seseorang dengan mengatakan ini versi si fulan dan yang ini versi si fulan. Ilmu pengetahuan adalah milik semua orang.
 
Dengan adanya fasilitas IT pada saat ini, sebaiknya apa pun yang meragukan segera dikonfirmasikan dengan masyarakat pengguna bahasa, terutama penutur aslinya. Untuk bahasa Arab, tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap Syaikh Sya`ban, keakuratannya sebaiknya dirujuk juga dengan masyarakat Arab yang lebih luas melalui media IT ini. Yang harus diingat adalah bahawa budaya dan adat istiadat pengguna bahasa Arab tidak seragam. Latar sosio-kultural masyarakat Saudi Arabia dan Mesir berbeda. Maka, kebiasaan penggunaan bahasa pun sering berbeda, terutama dalam hal berbasa-basi dan memberikan penghormatan.
Syukron atas penjelasannya; Yth. Ust. Saifullah Kamalie

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: