Internet di Saudi Arabiah

19 07 2009

Beberapa urusan pesantren di lingkungan Darunnajah, dikomunikasikan dengan fasilitas internet. Sesampai di lokasi penginapan peserta dauroh, saya dan ust. Prasetyo dari Gontor mencari internet di lingkungan “hayyu Awali”.
Alhamdulillah kita dapat menemui Café dan internet. Suasana gelap dan jam menunjukkan pk 23.10. Setelah berbincang-bincang, sepakat harga yang ditetapkan 30 menit seharga 5 SAR (15,000 rupiah). Namun saya gagal menunjukkan passport sebagai persyaratan menggunakan internet di WARNET.
“yaaa, ust, kita pulang lagi laaaah, ambil passport “, lokasi WARNET dan kamar +- 250m, dan saya kembali lagi untuk menggunakan fasilitas internet. SEcara fisik, warnet kurang diperhatikan kenyamanannya, saya duduk dan mau ditemani pa Pras, dia harus duduk di luar ruangan dan kepalanya “melongo” ke LCD. Koneksinya cukup cepat.
MODEM
Pagi hari, saya hubungi teaman yang sedang mengikuti dauroh juga di Robitoh, Ust. Sutrisno Ahmad, ia sudah 12 bulan di Mekkah, dan Insya Allah 2 hari lagi kembali ke tanah air.
Dijemput oleh beliau dan murid saya di gontor pada tahun 1989; Idham.. ia menemani mencari MODEM MOBILY, satu-satunya perusahaan komunikasi wireless/HP yang menyediakan MODEM untuk akses internet.
Sebenarnya saya telah menggunakan ZAIN, cukup murah, dan bisa koneksi internet melalui HP, namun kurang fleksibel untuk melihat pekerjaan yang membutuhkan “pilih” email2…
Masuk kantor MOBILY di Aziziyah, transaksi 399 SAR untuk fasilitas Modem dan 1 Giga bite maksimal untuk satu bulan.
Dan karna saya memakai HP Blackberry, mulailah diskusi tentang paket blackberry. Paket ini baru dimulai di Saudi dan belum banyak perhatian masyarakat terhadap ini. Dan Modibly memiliki fasilitas :
• Kartu perdana 75 SAR
• Dapat fasilitas 75 SAR untuk blackberry, jadi saya hanya menambahkan 30 SAR untuk balackbarry.
• Telp ke operator 1100 dan diaktifkan paket ini.
• Cara penggunaannya sangat mudah, dalam pilihan arab dan Inggris.
Jika anda kurang memahami bhs Arab/Inggris, saya sarankan bawalah laptop ke counter Mobily dan DICOBA… karna posisi saya datang 2 kali untuk aktifkan paket ini, karna tidak memahami istilah-istilah yang digunakan.
Setelah 5 hari saya memakai paket blackberry Mobily, kesan saya cukup bagus dan cepat, walaupun “kadang” lama terhubungnya +- 5 menit, namun secara keseluruhan sangat bagus. Paket ini gratis untuk :
• Email kirim dan terima
• Semua attachment kirim dan trima
Namun untuk buka browshing dikenakan biaya, contoh untuk http://www.detik.com harus bayar 2 SAR (6,000 rupiah), begitu juga FB kira2 0,25 SAR (1,250 rupiah).
Selamat menikmati… dan berbagi informasi..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: