Disertasi : Rangkuman, Organisasi Pembelajaran di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta

20 03 2013

 ORGANISASI PEMBELAJARAN

DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH

JAKARTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOFWAN MANAF

 7657030344

PROGRAM STUDI: MANAJEMEN PENDIDIKAN

 

 

 

 

Disertasi yang Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

untuk Mendapatkan Gelar Doktor

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2013

 

 

 

 

 

ORGANISASI PEMBELAJARAN

DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH

JAKARTA

 

 

 

 

 

 

SOFWAN MANAF

7657030344

PROGRAM STUDI: MANAJEMEN PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

Disertasi yang Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

 untuk Mendapatkan Gelar Doktor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2013

SINOPSIS DISERTASI

 

ORGANISASI PEMBELAJARAN

DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOFWAN MANAF

Program Studi: Manajemen Pendidikan

7657030344

 

 

 

 

 

 

 

Diajukan Kepada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta             dalam rangka Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Doktor

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

2013  

Kata Pengantar

            Alhamdulillahi Robbil Alamin, puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, salam dan salawat kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, atas segala nikmat iman, nikmat Islam dan nikmat kesehatan. Atas karuniaNya pula peneliti dapat menyelesaikan disertasi yang berjudul “Organisasi Pembelajaran di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta”.

            Disertasi ini ditulis dari hasil penelitian, dalam rangka memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar Doktor Manajemen Pendidikan pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

            Peneliti menyadari bahwa disertasi ini dapat diselesaikan berkat doa, dorongan, dukungan, motivasi dan mujahadah serta bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, peneliti berterima kasih kepada mereka yang telah memberikan kontribusi secara langsung dan tidak langsung dalam penyelesaian disertasi ini.

Penghargaan tertinggi dan ucapan terima kasih kepada :

  1. Prof. Dr. H. Djaali selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang telah memberikan dorongan dalam penyelesaian penelitian ini.
  2. Prof. Dr. H. Thamrin Adullah, MM., M.Pd selaku Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan.
  3. Prof. Dr. Soedijarto, MA dan Prof. Dr. Muchlis R. Luddin, MA selaku Promotor dan co Promotor yang telah membimbing dan mengarahkan peneliti selama penyusunan disertasi ini dari awal hingga disertasi ini dapat diselesaikan.
  4. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta.
  5. Drs. KH. Mahrus Amin dan KH. Saifuddin Arief, SH., MH, selaku pendiri, Pimpinan Pondok Pesantren dan ketua Yayasan Darunnajah yang telah banyak mendorong dan memberikan masukan dalam penulisan disertasi.
  6. Guru-guru dan para santri Pondok Pesantren Darunnajah yang telah banyak memberikan informasi, partisipasi, inspirasi dan motivasi dalam penulisan penelitian ini.
  7. Para Dosen dan karyawan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
  8. Ketua kelas dan teman-teman kuliah angkatan 2003-2004 yang telah banyak memotivasi dan dorongan.  

Terima kasih yang tulus untuk istri tercinta Hj. Rizma Ilfi Yahya yang banyak mengorbankan waktunya, tersita perhatiannya, mendorong, memotivasi peneliti hingga menjadi seorang Doktor Pendidikan. Kepada ananda Rifdy Izdihar dan Faaza M Athaya yang sedang belajar di KMI Gontor, Asna Yusrina, Ahmad Rauzan dan Rizfan M Amal, terima kasih atas doa, kasih sayang, pelukan, perhatian, luang waktu, canda, dorongan serta motivasinya kepada Papa, walaupun banyak waktu siang dalan malam yang tersita untuk penyusunan penelitian ini. Alhamdulillah dengan doa, kesungguhan, sabar, ketabahan dan tawakkal, Allah swt memudahkan urusan peneliti dalam menyelesaikan tulisan ini.

Doa kepada Ayahanda Alm. KH Abdul Manaf Mukhayyar dan Ibuda Almh. Hj Tsuraya  selaku Waqif dan Pendiri Pondok Pesantren Darunnajah, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

Doa kepada Alm. KH Ahmad Yahya, Bapak mertua semoga amal ibadahnya diterima Allah swt.

Terima kasih kepada Ibu Mertua Tutit Rosyidah yang telah banyak mendorong, memotivasi dan memberikan nasehat dalam berkeluarga dan kehidupan ini.

Terima kasih pula kepada Kakak-kakak keluarga besar KH Abdul Manaf Mukhayyar yang telah banyak memberikan nasehat, dorongan dan inspirasi dalam perjuangan dakwah Islamiyah melalui Pondok Pesantren, sehingga peneliti dapat menyelesaikan tulisan ini.

Peneliti berdoa, semoga amal ibadah mereka diterima oleh Allh SWT dan menjadi amal jariah dikemudian hari. Amin

Walaupun tulisan Disertasi ini masih banyak mengandung kekurangan, kami berharap dapat memberikan sumbangan terhadap pengembangan keilmuan. Dan kami mengharap masukan atas karya yang dihasilkan.

          

Wassalam

Jakarta, 22 Februari 2013

 

 

Sofwan Manaf

    

RINGKASAN

                                                                                                    

Pendahuluan

Proses pendidikan di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh sistem persekolahan, tetapi juga pondok pesantren dan madrasah.  Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam biasanya terdapat di pedesaan, peserta didik umumnya masyarakat pedesaan. Pesantren berasal dari kata santri, tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam atau mengaji. Unsur penting pesantren adalah santri, asrama, masjid, pengajaran kitab kuning, dan kiai.

Menyongsong era globalisasi, pesantren perlu meningkatkan kemampuan bersaing,  karena munculnya berbagai indikasi kompetisi,  baik berskala lokal, domestik maupun global, ditandai beragam  masalah yang  kompleks,  dan  seolah-olah rumit untuk diselesaikan. Salah satu pondok pesantren yang mampu bertahan dari arus yang digambarkan di atas adalah Pondok Pesantren Darunnajah. Lembaga ini mampu bertahan, mengembangkan diri, baik pertumbuhan siswanya, popularitasnya sehingga banyak santri yang berasal dari berbagai daerah.

Keberhasilan ini meningkatkan organisasi pembelajaran, melakukan kerjasama dan  bersinergi dengan semua anggota organisasi baik di dalam dan di luar lembaga pesantren Darunnajah.

Pondok pesantren Darunnajah memiliki manajemen modern dan profesional, melakukan  perencanaan, pelaksanaan  pembelajaran dan memanfaatkan kemajuan teknologi guna  menghasilkan santri yang berkualitas. Misalnya manajemen keuangan yang transparan tanpa kehilangan nilai dasar dan falsafah pesantren.

Untuk mengetahui faktor-faktor  yang mempengaruhi keberhasilan organisasi pembelajar  dan berbagai  usaha yang dilakukan oleh para pengelola pesantren, maka peneliti membatasi penelitian pada perspektif  learning organizational   di lingkungan Pondok Pesantren  Darunnajah, dengan judul: Organisasi Pembelajaran di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.”  

 

Metode Penelitian

            Penelitian ini  dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta mulai oktober 2010 sampai April 2011. Penelitian ini bertujuan melihat  organisasi pembelajaran di Pondok Pesantren Darunnajah. Teknik Pengumpulan data melalui kegiatan wawancara (pimpinan yayasan, manajer, staf, tenaga pendidikan/kependidikan, dan karyawan) sebagai subyek penelitian dan observasi terhadap kenyataan fisik maupun nonfisik kemudian dianalisis dan dijadikan catatan lapangan. Selain itu, peneliti juga melakukan studi dokumentasi.

            Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber informasi, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Pengujian keabsahan data ini dilakukan untuk menguji derajat kepercayaan, kepastian, ketergantungan, dan kepastian data.

 

Hasil Penelitian

  1. a.    Dinamika Pembelajaran

Para pimpinan dan pengelola yayasan sepenuhnya memahami perannya masing-masing dalam mengarahkan organisasi pembelajaran yang berkualitas, baik secara individu maupun kelompok untuk meningkatkan kualitas santri.

  1. b.    Fungsi Dan  Transformasi Organisasi

          Transformasi organisasi menyebabkan  terjadinya  banyak perubahan organisasi dari organisasi yang bersifat tradisional, kepada organisasi yang terus berkembang. Transformasi organisasi dapat terwujud berkat ketersediaan dana dan SDM yang berkualitas, serta fokus pada tujuan. Pengetahuan transformasi organisasi pembelajaran dibutuhkan karena mendukung karyawan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

  1. c.     Pemberdayaan Manusia

            Aspek pemberdayaan manusia merupakan hal yang selalu ditingkatkan  organisasi secara terus menerus, sebagai upaya menghadapi persaingan antar lembaga sejenis maupun globalisasi.

  1. d.    Pengelolaan Pengetahuan

           Pengelolaan Pengetahuan adalah sistem yang terorganisir dengan baik dengan menumbuh kembangkan pengetahuan kepada seluruh anggota organisasi. Penguasaan pengetahuan akan memampukan organisasi mengembangkan ide-ide baru ataupun melakukan beragam inovasi. Mengelola beragam informasi pengetahuan yang berbasis keunggulan, dan berwawasan kompetitif di Pondok Pesantren.

  1. e.    Pengelolaan Teknologi

          Teknologi informasi  di pesantren Darunnajah membentuk santri yang berkualitas dan paham teknologi. Usaha pimpinan Pesantren Darunnajah untuk membiayai penggunaan teknologi ditopang donatur dari dalam dan luar negeri, dan subsidi silang dari wali santri.  Beragam teknologi yang digunakan menjadikannya kekuatan menggerakkan segenap potensi warga pesantren. Penggunaan teknologi memudahkan organisasi berkomunikasi, terbuka informasinya kepada masyarakat luas, tidak inklusif  melainkan penuh informasi.

                

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: