SAMBUTAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH PUSAT UPACARA PEMBUKAAN PEKAN OLAH RAGA SENI DAN PRAMUKA KE-39 SABTU, 22 AGUSTUS 2015/7 DZULQA’DAH 1436

25 08 2015

SAMBUTAN PIMPINAN

PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH PUSAT

UPACARA PEMBUKAAN

PEKAN OLAH RAGA SENI DAN PRAMUKA KE-39

SABTU, 22 AGUSTUS 2015/7 DZULQA’DAH 1436

Oleh:

  1. K.H. Sofwan Manaf, M.Si

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

ان الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونتوب إليه، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلن تجد له ولياً مرشداً،

الحمد لله العلي الوهاب، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له الرحيم التواب ، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله النبي الأواب، وعلى آله وأصحابه خير الأصحاب والأحباب، والتابعين وتابعيهم بإحسان إلى يوم الحساب.

Yang kita hormati,

– Bapak H. Imam Nahrawi, S.Ag. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

– Drs. KH. Mahrus Amin, Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah

–  Dewan Nazir dan pengurus Yayasan Darunnajah

–  Asatidzah Al-kirom

–  Orang Tua santri

– Dan anak-anak ku santriwan dan santriwati yang kami cintai

Alhamdulillah, Kesyukuran yang tak terhingga, bahwa upacara pembukaan PORSEKA (Pekan Olahraga Seni dan Pramuka) ke-39 di Pondok Pesantren Darunnajah dapat dilaksanakan hari ini. Acara yang dikoordinir oleh kakak-kakak kelas enam; berkumpul, bergerak, merencanakan pagi, siang, dan malam.

Para santri senior belajar bagaimana merencanakan, mengkoordinir, mengatur hingga merealisasikan dan mengevaluasi setiap kegiatan, kegiatan yang mengatur lebih dari 2.500 orang, dengan tingkat koordinasi yang tinggi, ini bukan kegiatan sekelas RT/RW tetapi sudah berkelas nasional bahkan internasional!

Darunnajah menjungjung tinggi proses Pendidikan sebagai pembentukan karakter kader-kader pemimpin yang akan datang. Jazakumullah, semoga apa yang kakak panitia lakukan, akan menjadi bekal, menjadi pengalaman dan mendapat pahala dari Allah SWT.

إن أحسنتم، أحسنتم لأنفسكم

Kebaikan yang kamu lakukan, adalah untuk dirimu sendiri

 Sebagai bekal dimasa yang akan datang

Siap dipimpin, siap memimpin, patah tumbuh hilang berganti.

Terima kasih, kepada seluruh asatidz./guru-guru yang telah membimbing, siang malam, semoga bimbingan-bimbingan kita, menjadi pupuk uswatun hasanah, yang ditanamkan pada diri santri, amin.

PORSEKA saat ini, menjadi sangat istimewa, dihadiri oleh Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia  H. Imam Nahrawi, S.Ag.

Alhamdulillah Bapak Menteri dapat hadir Disela-sela kesibukan Bapak sebagai menteri, kami mohon bapak dapat memberikan sambutan, MOTIVASI kepada santri, yang Insya Allah mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin ummat dan Bangsa dimasa yang akan datang.

Bapak Menteri dan Hadirin sekalian,

Darunnajah

dirintis sejak 73 tahun lalu (tahun 1942)

Diberi nama Darunnajah sejak 54 tahun lalu (1961)

pemberian nama tahun 1961 yang menjadi tahun lahirnya Darunnajah.

Didirikan Pesantren 41 tahun lalu (1974)

Salah satu tokoh, pelaku sejarah, dan Pendiri Darunnajah, Alhamdulilah masih sehat, dan ada di tengah-tengah kita; Drs. KH. Mahrus Amin, Semoga sehat dan terus memikirkan dan mengasuh para santri. Amin

Pondok Pesantren Darunnajah, tahun ini memasuki umur 54 tahun, 54 tahun bukanlah waktu yang sebentar dalam perjalanan sebuah lembaga pendidikan seperti Pondok Pesantren Darunnajah.

16 Cabang

9100 santri di DN Pusat dan Cabang

1154 guru, adm dan karyawan

645 hektar lahan wakaf

Kita berharap semoga Pondok Pesantren ini tetap konsisten dalam mendidik para santri, mendidik anak-anak yang cerdas, mendidik kader-kader ummat di masa yang akan datang; Semoga Darunnajah terus berkembang dan terus meningkat kualitasnya

.Mohon doa dari para orang tua santri, doakan para pengurus, doakan para pimpinan dan guru-guru, semoga mereka dapat diberi kesehatan, kesabaran dalam mendidik anak-anak kita yang bersemangat ini.

Bapak Menteri Pemuda dan Olah Raga

Para hadirin sekalian,

Perkembangan Pondok Pesantren ini, tidak semulus apa yang diimpikan, tidak berjalan begitu saja tanpa rintangan dan pengorbanan, dirintis tatkala negara ini belum mendapat kemerdekaan. Penuh perjuangan dan semangat para pendiri serta kemauan dan keikhlasannya yang mendorong untuk dapat memajukan lembaga ini.

Alhamdulillah, atas izin Allah mimpi para tokoh, waqif, dan pendiri Darunnajah, berdirilah lembaga pendidikan ini.

Tahun 1959 di awal pembebasan tanah oleh KH Abdul Manaf Mukhayyar, di daerah Ulujami ini, tempat Pondok pesantren Darunnajah sekarang, kawasan  ini hanya sebuah tanah hutan, tanpa penghuni, hanya pohonan yang tidak dilihat dan dilirik orang.

Mereka, para tokoh, wakif, dan pendiri berjuang, datang silih berganti, doa pagi siang malam, berkorban dengan harta, waktu dan jiwa. Memohon kepada Sang Khaliq untuk memberikan keridhaan dan kelancaran.

Banyak para Pejuang Darunnajah yang telah wafat, waqif sudah tidak ada, tapi Darunnajah tetap harus ada, kita harus tetap mempertahankan secara fisik, dan meningkatkan kualitas dengan kecerdasan menuju Darunnajah yang lebih maju.

Marilah kita membacakan al-Fathihah kepada Waqif Darunnajah, dan siapa saja yang berjasa terhadap lembaga ini, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Al-Fatihah…

الفاتحة

Salah satu tokoh dan pendiri Darunnajah, adalah KH Mahrus Amin, atas nama Keluarga, Guru dan santri, kami mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, kesungguhan dan kegigihan dalam menata perjalanan Pondok Pesantren Darunnajah ini.

Kita dan para santri saat ini merasa beruntung, masih bertemu langsung dengan salah satu pelaku sejarah sekaligus pendiri Pondok Pesantren Darunnajah Drs. K.H. Mahrus Amin. Semoga kita dapat mencontoh kegigihan dan keteladanan beliau serta para pendiri yang lain dalam mewujudkan cita-cita demi kemajuan umat Islam.

Hal-hal lain yang perlu kami sampaikan pada kesempatan kali ini, bahwa:

  1. Animo masyarakat untuk masuk Pesantren Darunnajah dan cabang-cabangnya pada tahun ini meningkat, TMI Darunnajah Pusat menerima 712 santri baru dari 1,100 pendaftar, meningkat 5,3 % dari tahun lalu 676
  2. Pada bulan Juli – Agustus 2015, untuk keenam kalinya Darunnajah dipercaya kembali menyelenggarakan penataran bahasa Arab dan tempat tes seleksi penerimaan mahasiswa dari Universitas Islam Madinah, dengan Jumlah peserta dauroh 610 orang
  3. Sudah 24 orang santri Darunnajah lulus muqabalah (seleksi masuk) di Universitas Islam Madinah.
  4. Pesantren Darunnajah Group ikut memberi masukan dan dukungan untuk terbentuknya Undang-undang No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
  5. 15 santri dan 2 guru Darunnajah berpartisipasi pada Jambore Dunia di Jepang 25 Juli – 11 Agustus 2015
  6. Darunnajah mewakili DKI Jakarta mengirim peserta Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-6 di Gorontalo, Juni 2013, 77 persen kontingen DKI Jakarta dari Pesantren Darunnajah
  7. Pada tahun 2015 ini, Darunnajah menambah lagi kerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri, diantaranya:
    1. Marmara University, Istanbul, Turki
    2. Ankara University, Turki
    3. Erciyes University, Kayseri, Turki
    4. Qatar University, Qatar
  1. Pada tahun 2015 ini juga, Darunnajah:
  2. Menerima Wakaf di Lampung Timur, seluas 6,9 hektar, menjadi cabang Darunnajah ke-16
  3. Memulai pembangunan Pesantren Tahfidz Rabiul Qulub Darunnajah 13, di Gunung Sindur Bogor

Semoga usaha-usaha Darunnajah dalam mengembangkan dan mencerdaskan ummat mendapat ridha dari Allah Subhanahu wata’ala, dan semoga PORSEKA ke-39 kali ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menggali berbagai potensi para santri terutama dalam bidang olah raga, seni, dan Pramuka.  amin.

.

و بالله التوفيق و الهداية

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: